MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN KESADARAN MERK BISNIS KEDAI KOPI DAN KAFE

Ngurah Rangga Wiwesa, Danurifqi Pramulia, Rahmi Setiawati

Abstract


ABSTRAK

Teknologi yang berkembang saat ini menghadirkan beberapa industri kreatif di Indonesia diantaranya bisnis kedai kopi dan kafe. Dalam meningkatkan kesadaran merek agar dapat bersaing, dibutuhkan pemanfaatan strategi komunikasi pemasaran diantaranya melalui pemanfaatan tren pemasaran langsung dan digital khususnya penggunaan kanal media sosial. Diantara banyaknya pilihan kanal media sosial, Instagram menjadi pilihan bagi salah satu Kafe di kota Depok, Jawa Barat yaitu Semoet Cafe untuk melakukan pemanfaatan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kesadaran mereknya yang saat ini pada tahap brand recognition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Semoet Cafe dalam meningkatkan brand awareness melalui Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep pemasaran langsung dan digital dalam kesadaran merek dengan triangulasi sumber data dari triangulator yang relevan dalam bidangnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pemanfaatan strategi komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan berbagai fitur dalam Instagram dapat membuat konten ditonton oleh ratusan ribu orang, peningkatan jumlah jangkauan, dan juga pengikut Instagramnya untuk mencapai tingkatan kesadaran merek selanjutnya yaitu brand recall.  

 

Kata kunci: Pemasaran langsung dan digital, Media Sosial, Instagram, Kesadaran Merek


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2018). Manajemen Ekuitas Merek, Alih Bahasa: Aris Ananda. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

APJII. (2020). APJII. Retrieved from Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 [Q2]: https://apjii.or.id/survei

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication Creative Strategy From Idea To Implementation 3rd Edition. London: Rowman & Littlefield.

Buana, A., Azizah, N., Pratami, R., & Margaretha, L. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng Ss Dalam Meningkatkan Brand Awareness Konsumen Melalui Instagram. Jurnal Riset Komunikasi, 58-68.

Chernev, A. (2017). Strategic Brand Management Second Edition. USA: Cerebellum Press.

CNN Indonesia. (2021, July 22). Cara Membuat Feed Instagram yang Bagus dan Menarik . Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210712104918-190-666346/cara-membuat-feed-instagram-yang-bagus-dan-menarik

Cresswell, J., & Cresswell, D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition . Los Angeles: SAGE Publications.

databoks katadata. (2021, November). Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa? . Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-indonesia-mayoritas-usia-berapa

De Pelsmacker, P., Geuens, M., & Van den Bergh, J. (2017). Marketing Communications : A European Perspective Sixth Editions. United Kingdom: Pearson.

Dhisasmito, P., & Kumar, S. (2020). Understanding customer loyalty in the coffee shop industry (A survey in Jakarta, Indonesia). British Food Journal, 122 No 7, 2253-2771.

Dibb, S., Simkin, L., Pride, W., & Ferrell, O. (2019). Marketing Concept and Strategies 8th Edition. United Kingdom: Cengage.

Fauzi, A., Punia, I., & Kamajaya, G. (2017). Budaya Nongkrong Anak Muda Di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda Di Kota Denpasar). JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI (SOROT).

Fill, C., & Turnbull, S. (2016). Marketing Communications: Discovery, Creation and Conversations (7th Edition). United Kingdom: Pearson.

Go Social. (2021, September 23). Instagram : Reels Vs Stories, Mana Yang Paling Jitu Untuk Mengembangkan Bisnis. Retrieved from Go Social: https://gosocial.co.id/blog/instagram-reels-vs-stories-mana-yang-paling-jitu-untuk-mengembangkan-bisnis/#Perbedaan_Instagram_Reels_Dan_Stories

Kane, A. (2020). SOCIAL MEDIA MARKETING AND ONLINE BUSINESS 2021: Beyond 2020! Rise to the top of the Main eCommerce Platforms Using the Most Unscrupulous and Winning Tactics of Instagram, YouTube & Facebook. Allan Kane.

Khangahi, F., & Kiani , F. (2021). The Role of Social Networks in the Formation of Social Lifestyle Changes Caused by the Covid-19. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 264-267.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. United States of America: Pearson .

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing 8th European Edition. United Kingdom: Pearson.

Lalaounis, S. (2021). Strategic Brand Management and Development: Creating and Marketing Successful Brands. New York: Routledge.

Macarthy, A. (2017). 500 Social Media Marketing Tips. Andrew Macarthy.

Maryanto, R. (2017). Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Jakarta: Rusmanto Self-publishing.

Merriam, S., & Tisdell, E. (2016). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation (4th Edition). United States of America: John Wiley & Sons.

Nurhayati-Wolff, H. K. (2021, April 7). Total coffee consumption in Indonesia from 1990 to 2020. Retrieved from Statista: https://www.statista.com/statistics/314982/indonesia-total-coffee-consumption/

Nursatyo. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.com. Jurnal Ilmu Komunikasi V, 1 No 2, 46-48.

Oktaviani, D. (2020). Influence of Social Media on Student Lifestyle in Metro City. ARKUS, 80.

Quesenberry, K. A. (2019). Social Media Strategy, Marketing, Advertising, and Public Relations in the Consumer Revolution Second Edition. Lanham, Maryland: Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 78-83.

Rossiter, J., Percy, L., & Bergkvist, L. (2018). Marketing Communications Objectives, Strategy, Tactics. United Kingdom: Sage Publications.

Samsu. (2017). METODE PENELITIAN: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Shrivastava, S., & Dawle, A. (2020). AN OVERVIEW OF MARKETING COMMUNICATION STRATEGY: A DESCRIPTIVE STUDY. International Journal of Current Research Vol. 12, Issue, 10, pp.14502-14504.

Singh, M. (2020, January-March). INSTAGRAM MARKETING – THE ULTIMATE MARKETING STRATEGY. International Journal of Advance and Innovative Research, 7, 394.

Statista. (2021, Agustus 24). Market share of leading social media platforms in Indonesia as of July 2021. Retrieved from statista: https://www.statista.com/statistics/1256213/indonesia-social-media-market-share/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwendra, D. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bali: Nilacakra.

Thomas, B., & Housden, M. (2017). Direct and Digital Marketing in Practice. Bloomsbury Publishing.

wearesocial. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. Retrieved from we are social: https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.




DOI: https://doi.org/10.7454/jabt.v4i2.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.